1 Desember 2022

Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam Resolusi Konflik terhadap Moderasi Beragama Dalam Rangka Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam

Press Release Bakesbangpol, Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam Resolusi Konflik terhadap Moderasi Beragama Dalam Rangka Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam.

Hari ini Senin tanggal 7 November 2022 di Aula Kementerian Agama  Kabupaten Barito Selatan dilaksanakan kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam Tingkat Kabupaten Barito Selatan. Pada kesempatan tersebut Bakesbangpol menyampaikan peran Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam Resolusi Konflik terhadap Moderasi Beragama yang pada intinya Resolusi Konflik adalah merupakan upaya untuk mencegah terjadinya Konflik Beragama di Barito Selatan.

Lebih jauh disampaikan Edi Suharto,S.Sos (Kepala Bakesbangpol Barito Selatan) bahwa Resolusi Konflik Beragama harus berlandaskan Pancasila karena Pancasila adalah merupakan landasan Falsafah Bangsa Indonesia, karena nya semua persoalan diselesaikan harus berasaskan Pancasila dengan melibatkan Ormas seperti Forum-Forum Organisasi keagamaan, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah (TKDP) serta Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM), Dewan Adat Dayak (DAD), Kedemangan dan BATAMAD.

Disinggung masalah kasus keagamaan yang pernah terjadi di Barito Selatan di katakan Edi Suharto, S.Sos (Kepala Bakesbangpol Barito Selatan) bahwa kasus-kasus tersebut belum sampai kepada ranah perpecahan atau konflik tapi hanya in harmonis dan pemahaman Agama yang berbeda sehingga tidak dapat dikatakan sebagai konflik beragama.

Edi Suharto, S.Sos (Kepala Bakesbangpol Barito Selatan)  mengakhiri materi bahwa :

  1. Peran Kesbangpol dalam resolusi Konflik Senantiasa membangun Sinergitas dan harmonisasi bersama seluruh elemen pembangunan, termasuk generasi muda, kerena di harapkan “Moderasi Beragama” di kalangan masyarakat agar tercipta kehidupan harmonis, damai dan rukun
  2. Resolusi Konflik dapat berubah-ubah sesuai perkembangan zaman
  3. Jika terjadi Konflik beragama seluruh elemen Bangsa termasuk Bakesbangpol bekerjasama untuk  menyelesaikan Konflik menegakkan NKRI, Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika.

( Bakesbangpol hbs ttk )